Breaking

Post Top Ad

Saturday, September 1, 2018

10 Jenis Tanaman Hias Aquarium



Sebenarnya jenis tanaman hias aquarium ada banyak sekali, akan tetapi hanya jenis yang tertentu saja yang terlihat begitu bagus untuk memperindah sebagai media tanaman hias aquarium air tawar. Berikut ini ada bebearapa tanaman hias aquarium air tawar yang bisa Agan gunakan untuk memperindah aquarium lingkungan aquarium.


Spoiler for 1. Hygrophila Difformis: 
Tanaman ini juga dikenal dengan nama (Water Wisteria) Kerena tumbuhan ini sangat tumbuh dengan cepat. Cara perawatannya mudah dan dapat memperindah aquarium Agan. Tanaman ini bisa juga bertahan dengan mencapai:


Suhu air 23 – 28 derajat celcius.

Lighting: Pencahayaan menengah.

Fungsi: Tanaman karpet di depan, melapisi lantai aquarium







 2. Java Moss: 
Java Moss ini merupakan cukup populer untuk aquarium air tawar aquascape. Moss ini juga sangat minim pemeliharaan dan cenderung tubuh pada kayu apung. Namun tanaman ini mempunyai warna hijau yang sangat terang, kontras dengan rumput laut yang memiliki warna putih ke kuningan.

Sama juga dengan Water Wisteria, Java Moss juga tidak memerlukan pemeliharaan ekstra. Dan tanaman ini bisa tumbuh pada air yang suhunya sekitar 21 – 32 derajat celcius, akan tetapi suhu yang paling tepat adalah 21 – 24 derajat celcius. Biasanya bayi-bayi ikan ini berlindung pada tanaman ini.





 3. Eleocharis Parvula: 
Nama tanaman ini seperti ada yang hampir dengan Hemianthus Callitrichoides, yakni Dwarf Hair Grass. Jika diberikan sebuah batu ditengah-tengah, maka aquascape ini akan tumbuh dengan sangat menakjubkan disekitar batu tersebut.

Karena tumbuhan ini Dwarf Hair Grass sudah pernah dibilang dengan cepat, maka Agan harus melakukan pemangkas secara berjalan. Dan suhu air yang tepat untuk aquascape ini adalah 22 – 25 derajat celcius, dengan pencahayaan yang sedang pada Dwarf Hair Grass tetap bisa tumbuh dengan baik.

Akan tetapi jika ingin tanaman ini tumbuh dengan maksimal yang sangat cepat, maka berilah pencerahan yang sangat tinggi untuk aquascape.






4. Amazon Sword: 
Agan tau mengenai Amazon Sword, kalau perlu kita ketahui bentuk pada daun tanaman aquascape yang satu ini tampak seperti pedang. Amazon Sword merupakan jenis tanaman aquascape yang sering di pakai sebagai latar belakang background aquarium.

Pada umumnya, yang mempunyai aquarium akan meletakkan Amazon Sword ini di bagian belakang aquarium. Dan tanaman ini bisa juga bertahan di dalam air dengan suhu 22 – 28 derajat celcius.

Amazon Sword ini juga menggunakan sumber pencerahan yang moderat agar bisa bertumbuh dengan sebaik mungkin, dan ikan sangat gemar menjadikan Amazon Sword sebagai tempat persembunyian yang nyaman.






5. Lilaeopsis: 
Lilaeopsis adalah bentuknya yang seperti rumput, biasanya Agan melihat yang di sekitar kita. Akan tetapi Lilaeopsis bisa tumbuh sekitar 5 cm dan menyebar dengan cepat di lantai aquarium.

Apabila kamu mau dikombinasikan dengan Lilaeopsis sama aquascape lainnya, sebaiknya Agan melakukan secara rutin terhadap pemasangan tanaman ini. Kalau misalkan dibiarkan, maka Lilaeopsis yang tumbuh dengan cepat dapat menyerang tanaman aquascape lainnya.

Bisa Agan gunakan pencerahan untuk mendekati pertumbuhan Lilaeopsis. Air dengan suhu 23 – 29 derajat celcius. Ini merupakan yang terbaik untuk tanaman yang kerap di gunakan sebagai tempat persembunyian bayi-bayi ikan.






6. Echinodorus Amazonicus: 
Salah satu tanaman ini merupakan jenis tanaman aquascape yang paling di cari oleh para pemula. Daun ini memiliki bentuk yang seperti pedang, bahkan panjang daun ini dapat mencapai 50 cm.

Amazon Sword juga sering di lakukan untuk memperindah di sebelah belakang aquarium. Ini merupakan suhu air yang sangat cocok untuk aquascape dan berikut ini suhunya mencapai 22 – 27 derajat celcius.






7. Anubias Nana: 
Jenis tanaman hias aquarium ini yang sangat mudah dirawat bagi pemula dan tidak memerlukan berbagai perawatan yang rumit. Dan jika kamu ingin mencari tanaman aquascape yang sangat cocok bagi pemula, saya sarankan memakai Anubias Nana yang merupakan pilihan yang baik.

Dan tanaman ini sangat mampu untuk tumbuh dengan mencapai ketinggian 15 cm dan daun dari tanaman hijau gelap. Tidak perlu melakukan perawatan yang khusus terhadap Anubias Nana. Sama juga dengan Amazon Sword, tanaman Anubias Nana dapat bertahan dalam air yang suhunya 22 – 28 derajat celcius.

Pasti tau di mana tempat yang sangat baik untuk meletakkan Anubias Nana, biasanya tanaman ini diletakkan di sekitar sudut aquarium Agan. Karena guna utamanya dari Anubias Nana memang ini menambah untuk keindahan pada aquarium kita.






 8. Microsorum Pteropus: 
Java Fern adalah nama dari tanaman aquascape. Ini merupakan tanaman yang mudah dan tidak memerlukan perawatan ekstrem, maka Java Fren sangat di perlukan bagi pemula, meskipun ini perawatannya agak mudah, tanaman Microsorum Pteropus juga di koleksi oleh pemain lama aquascape.

Hal ini dikarenakan Java Fren memiliki bentuk dan tampilan yang sangat menarik. Karena untuk memelihara tanaman ini, Agan harus menempatkan di dalam air dengan suhu 22 – 25 derajat celcius. Java Fren bisa hidup dengan pencerahan yang sangat minim, sehingga Agan bisa menghemat pengguna listrik






9. African Water Fren: 
Yang tadi ada nama Java Fren, dan ada pula African Water Fren. Ternyata tanaman ini memiliki tampilan yang sangat menarik, Africa Frensering di lakukan sebagai latar belakang dari aquarium. Sebenarnya tidak sulit untuk merawat aquascape ini, Agan hanya untuk memerlukan dalam penempatan dalam air dengan suhu 20 – 27 derajat celcius.

Sebenarnya sudah tidak perlu lagi untuk pencerahan yang tinggi untuk membuat African Fren ini nanti akan tumbuh. Karena tanaman ini bisa tumbuh akan tetapi mendapatkan pecahan yang sangat minim, bisa juga tanaman ini sangat cocok untuk dikombinasikan dengan Java Fren.





10. Hemianthus Callitrichoides: 
Nama lain dari tanaman aquascape ini adalah Dwarf Baby Tears. Tanaman ini merupakan digunakan untuk karpet aquarium dan menjadi favorit bagi penggemar aquascape. Cara perawatan ini memang lumayan muda, dibandingkan dengan HC Cuba.

Dwarf Baby Tears dapat tumbuh dengan lebat memenuhi lantai aquarium, dan ini suhu yang sangat baik untuk tanaman ini yang suhunya sekitar 22 – 23 derajat celcius. Guna dari tanaman ini adalah tumbuhan yang mengikuti arah cahaya, jadi ketika Dwarf Baby Tears memperoleh cahaya yang kurang, maka tanaman ini akan tumbuh ke atas berusaha mencari sumber cahaya.






https://sumbercenel.com/tanaman-hias-aquarium/

No comments:

Post a Comment

loading...

Post Top Ad

Your Ad Spot